Apakah Hujan Es Bisa Dikonsumsi: Cek Faktanya!

Apakah hujan es bisa dikonsumsi
Apakah hujan es bisa dikonsumsi(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Apakah hujan es bisa dikonsumsi, kamu pasti pernah mendengar hujan es?

Selama ini, sebagian besar orang tua tidak mengizinkan anaknya untuk bermain hujan. Alasannya, bermain hujan bisa membuat anak jatuh sakit karena masuk angin.

Namun, unggahan tersebut justru berkata sebaliknya. Bermain hujan, terutama jika hujan es, dinilai mampu meningkatkan imunitas tubuh anak apabila es hujan dikonsumsi.

Baca Juga:Perkiraan Cuaca 4 Desember 2023 di Wilayah Jawa Barat: Waspada Hujan Petir Disejumlah Titik!Jadwal Lengkap SIM Keliling 4-9 Desember 2023: Catat dan Ingat Lokasinya Setiap Daerah di Sumedang!

Lantas, apakah informasi ini sebuah fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah? Sebaiknya simak penjelasan mitos dan fakta kesehatan di bawah ini terlebih dahulu.

Melansir dari Kompas, dr. Dien Kalbu Ady, Direktur RSU PKU Muhammadiyah Prambanan mengatakan, kandungan dalam hujan es tidak jauh berbeda dengan hujan biasa, tapi dengan bentuk yang berbeda. Hujan es umumnya membawa polutan yang berasal dari atmosfer.

Kandungan lain yang ada hujan es adalah partikel debu dan gas-gas emisi seperti nitrogen dioksida, sulfur dioksida, dan karbon monoksida. Dengan demikian, konsumsi hujan es justru bisa membahayakan kesehatan.

Sebenarnya, di berbagai belahan dunia memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya seperti mandi, mencuci hingga dikonsumsi untuk air minum ataupun memasak. Namun, ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi kandungan air hujan, termasuk seberapa sering hujan turun di wilayah tersebut, tingkat polusi udara, serta metode dan alat yang digunakan untuk menampung air.

Jenis bakteri, virus, atau parasit tertentu dapat dihilangkan dengan merebus air, tetapi kandungan lainnya mungkin memerlukan perawatan kimia sebelum air tersebut aman untuk diminum. Untuk menghilangkan kontaminan kimia seperti logam misalnya, kamu mungkin perlu menggunakan sistem penyaringan air terlebih dahulu.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), air hujan yang dikumpulkan untuk tujuan minum harus disaring, desinfeksi, dan diuji secara teratur. Apabila proses ini tidak dapat dilakukan, sebaiknya air hujan hanya digunakan untuk keperluan lain, seperti berkebun, mencuci pakaian, atau mandi.

Kesimpulannya, konsumsi hujan es untuk meningkatkan imunitas hanya mitos dan tidak terbukti secara ilmiah. Alih-alih meningkatkan imun tubuh, konsumsi hujan es justru memberikan efek negatif untuk kesehatan.

0 Komentar