Pendakian di Sumedang Dilarang Saat Musim Hujan: Apa Kata BPBD?

Pendakian di Sumedang dilarang saat musim hujan
Pendakian di Sumedang dilarang saat musim hujan(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Pendakian di Sumedang dilarang saat musim hujan, sekarang sudah masuk musim penghujan, kamu harus waspada akan kesehatan karena ketika musim hujan akan rawan akan sakit. Selain itu, BPBD akan sibuk memantau kala musim hujan karena ketika sudah memasuki musim hujan rawan juga bencana yang terjadi.

Di kabupaten Sumedang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melarang pendakian dilakukan di musim-musim yang berbahaya, seperti di puncak musim penghujan.

Musim penghujan diprakirakan terjadi di pada Januari-Februari 2024.

Imbauan larangan adanya aktivitas pendakian ini guna mengantisipai peristiwa mengerikan yang terjadi kepada para pendaki.

Baca Juga:Efek Samping Berbahaya Makan Durian Berlebihan: Waspada Dari Sekarang!Lowongan kerja Sumedang Tanpa Ijazah: Gaji Menggiurkan!

Sebelumnya sebanyak 23 pendaki gunung meninggal dunia setelah Gunung Marapi di Sumatera Barat, erupsi.

Kejadian alam selalu terjadi tiba-tiba. Akan tetapi, kewaspadaan terhadap tanda-tandanya bisa membuat manusia selamat.

Kejadian itu tidak ingin terulang di daerah lain, termasuk di Kabupaten Sumedang.

Secara, Kabupaten Sumedang merupakan daerah yang rawan longsor. Peristiwa longsor sering terjadi di dekat pemukiman, bahkan di gunung sekalipun.

Seperti persitiwa banjir bandang Sawahdadap, Desember 2022, yang pemicunya adalah longsor di gunung. Longsor itu menutup saluran air dan terjadi bah.

“Tahun baru, bahwa informasi puncak musim hujan Januari-Februari, kami mengimbau, lebih waspada,” kata Adang, Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sumedang

Dia mengatakan, BPBD akan bekerja sama dengan instansi lain untuk memperketat pengawasn di jalur-jalur pendakian.

Baca Juga:Libur Natal KEMENHUB Adakan Mudik Gratis: Yuk Berkumpul Bersama Keluarga Saat Tahun Baru!Peringatan Presiden Turki Pada Israel untuk Jangan Memburu Hamas!

Di Sumedang, banyak gunung yang menjadi wahana aktivitas luar ruangan, seperti Tampomas, di Kecamatan Cimalaka; Gunung Geulis, Jatinangor; Gunung Manglayang, Sukasari; Gunung Pangparang, Sukasari; Gunung Kareumbi, Sumedang Selatan.

Itulah informasi mengenai Pendakian di Sumedang dilarang saat musim hujan.

0 Komentar