Soroti Tumpukan Sampah di Jembatan BBS Citarum, Bey Machmudin Singgung Soal Pola Pikir dan Perilaku

j Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat dimintai keterangan dalam acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup di S
j Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat dimintai keterangan dalam acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Sektor 8 Citarum, Desa Nanjung, Margaasih,
0 Komentar

sumedangekspres, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengungkapkan bahwa sampah yang menumpuk di bawah jembatan BBS Sungai Citarum, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu, merupakan sampah lama.

 Hal ini disampaikan Bey saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Ikon Sektor 8 Citarum, Kabupaten Bandung, Kamis (20/6/2024).

 

“Informasi dari sektor menyebutkan bahwa sampah-sampah yang muncul di jembatan BBS itu adalah sampah lama, bukan sampah baru,” ujar Bey saat ditemui.

Baca Juga:Puluhan Warga Lembang Diduga Keracunan Massal, Dinkes KBB Uji 9 Sampel MakananManfaat Cuka Apel untuk Perawatan Wajah yang Alami

Bey menegaskan bahwa persoalan sampah di Citarum bukan hanya masalah teknis, melainkan juga masalah perilaku masyarakat.

Ia pun mengkritisi bahwa secanggih apapun alat pengelola sampah, akan sia-sia jika masyarakat masih memiliki pola pikir dan perilaku membuang sampah sembarangan.

“Masalah sampah bukan lagi persoalan individu, tapi persoalan bersama. Secanggih apapun alat yang kita gunakan, kalau pola pikir dan perilaku membuang sampah tidak berubah, hasilnya tidak akan maksimal,” tegasnya.

Bey menyatakan bahwa momentum Hari Lingkungan Hidup harus dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah.

Ia menekankan bahwa perubahan harus dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Kita semua, mulai dari masyarakat, pemerintah, hingga media, harus mulai mengedukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah. Ini adalah tanggung jawab bersama,” ujarnya.

 

Dalam waktu dekat, Bey berencana bertemu dengan seluruh camat di Kabupaten

 Bandung untuk mengkoordinasikan pengelolaan sampah di wilayah masing-masing.

Baca Juga:Panduan Praktis: Cara Meracik Cuka Apel yang Baik di RumahManfaat Cuka Apel yang Perlu Anda Ketahui

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tindakan nyata dalam menangani masalah sampah.

 

“Kami provinsi mulai kemarin telah bertemu dengan camat dari

 Kota Bandung Bandung dan nanti kami akan bertemu dengan camat seluruh Kabupaten Bandung untuk mengingatkan pentingnya pengelolaan sampah,” jelas Bey.

Artikel ini telah tanyang di Jabar Ekespres pada Kamis, 20 Juni 2024 dengan judul Soroti Tumpukan Sampah di Jembatan BBS Citarum, Bey Machmudin Singgung Soal Pola Pikir dan Perilaku

0 Komentar