Apakah Bayi Berusia 5 Bulan Sudah Boleh diberikan Makanan?

Bayi 5 bulan makan
Bayi 5 bulan makan
0 Komentar

sumedangekspres – Sebagian bayi yang berusia 5 bulan mungkin sudah mulai menunjukkan minat terhadap makanan dengan cara mengecap dan ngeces saat melihat orang tua mereka makan. Banyak ibu yang bertanya-tanya, apakah bayi berusia 5 bulan sudah boleh diberikan makanan? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak artikel ini hingga selesai.

Idealnya, Makanan Pendamping ASI (MPASI) diberikan ketika bayi berusia 6 bulan. MPASI diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi yang tidak lagi dapat dipenuhi hanya dengan ASI. Meskipun beberapa bayi 5 bulan mungkin sudah menunjukkan ketertarikan pada makanan padat, penting untuk mengikuti panduan usia yang direkomendasikan untuk mulai memberikan MPASI.

“Bayi 5 Bulan Boleh Makan atau Tidak?”

Meskipun kebutuhan nutrisi bayi yang berusia 6 bulan sudah meningkat dan tidak bisa dipenuhi hanya dengan ASI, saluran pencernaan bayi pada usia ini juga sudah lebih siap untuk memproses makanan padat. Beberapa tanda bahwa bayi sudah siap untuk mulai makan MPASI meliputi:

Baca Juga:Sinopsis Film Tjokroaminoto yang Mengangkat Sosok Raden Mas Haji Oemar Said TjokroaminotoDaftar Harga Emas Antam Hari Ini 9 Agustus 2024

Dapat Duduk Tegak: Bayi sudah bisa duduk dengan leher tegak dan mengangkat kepala tanpa bantuan.

Tertarik pada Makanan: Bayi menunjukkan minat terhadap makanan dengan sering meraih makanan yang ada di depannya.

Membuka Mulut Saat Disuapi: Bayi membuka mulut ketika disuapi, menunjukkan kesiapan untuk makan.

Kurang Sering Melepeh: Bayi sudah tidak sering melepeh makanan.

Lapar dan Rewel Setelah Disusui: Bayi tetap merasa lapar dan rewel meskipun sudah disusui sesuai jadwal.

Bayi berusia 5 bulan mungkin menunjukkan beberapa tanda ini, tetapi umumnya, MPASI disarankan diberikan saat bayi berusia 6 bulan untuk memastikan kesiapan pencernaan dan nutrisi yang optimal.

Apakah Bayi 5 Bulan Boleh Makan?

Sejumlah tanda kesiapan makan harus dimiliki oleh bayi agar Makanan Pendamping ASI (MPASI) dapat dikunyah dan ditelan dengan baik, sehingga bayi tidak berisiko tersedak. Umumnya, bayi berusia 5 bulan belum menunjukkan tanda-tanda siap makan seperti itu. Oleh karena itu, pemberian MPASI sebaiknya ditunda hingga bayi berusia 6 bulan.

Memberikan MPASI sebelum bayi mencapai usia 6 bulan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti:

Baca Juga:Sinopsis Film Gie yang Menceritakan Biografi Kehidupan Seorang Pemuda Keturunan ChinaBerkat Medali Emas dari Panjat Tebing, Indonesia Naik Peringkat di Klasemen Sementara Olimpiade Paris 2024

Gangguan Pencernaan: Seperti diare, karena sistem pencernaan bayi belum sepenuhnya siap untuk makanan padat.

0 Komentar