Di Sumedang, Padi Organik Bisa Setahun Empat Kali Panen, Pj Bupati: Benihnya Sudah Ada di Dinas Pertanian

Di Sumedang, Padi Organik Bisa Setahun Empat Kali Panen, Pj Bupati: Benihnya Sudah Ada di Dinas Pertanian
Di Sumedang, Padi Organik Bisa Setahun Empat Kali Panen, Pj Bupati: Benihnya Sudah Ada di Dinas Pertanian
0 Komentar

Pj Bupati Sumedang Panen Raya Padi Organik di Desa Cikurubuk

SUMEDANGEKSPRES – Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengikuti Panen Raya Padi Organik di Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua, Selasa (3/9/2024)

Pj Bupati Yudia Ramli menyebutkan, lahan sawah di Desa Cikurubuk yang ditanami padi organik masa tanamnya bisa satu tahun tiga kali.

“Padi organik ini di Cikurubuk tidak kekurangan air. Dalam satu tahun bisa panen sampai tiga kali. Ini merupakan bagian ketahanan pangan yang luar biasa. Desa Cikurubuk bisa bermangfaat bagi desa sekitarnya,” kata Yudia.

Baca Juga:3 Warga Tasikmalaya Terancam 7 Tahun Penjara karena Curi Angkot di JatinangorSaluran Air di Lingkungan Panyingkiran Menghitam Akibat Sampah

Menurutnya, kelebihan padi organik di Desa Cikurubuk terkait pupuknya para petani membuat sendiri.

“Ini dapat menambah pendapatan masyarakat. Bisa menurunkan biaya sampai Rp. 3 juta per hektare” kata Yudia.

Di samping itu, para petani yang tergabung dalam kelompok tani setempat, menurut Yudia, dapat memanfaatkan dan memelihara bantuan dengan baik, seperti alat mesin pertanian (Alsintan)

“Alhamdulillah kelompok tani di sini kelompok tani yang amanah. Dikasih mesin perontok padi sampai empat tahun pun masih tetap berjalan,” kata Yudia.

Menurutnya, Desa Cikurubuk Kecamatan Buahdua merupakan percontohan untuk para petani yang menciptakan sendiri pupuk organiknya, bukan hanya di Kabupaten Sumedang, tetapi juga di Jawa Barat.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kadis Pertanian Kabupaten Sumedang, para penyuluh pertanian dan pencipta pupuk organik di Desa Cikurubuk. Saya akan mengundang seluruh kelompok tani nanti ke Gedung Negara atas keberhasilan pupuk organiknya,” tuturnya.

Terakhir Yudia berpesan kepada para petani di Desa Cikurubuk agar tidak cepat berpuas diri setelah tiga kali setahun dapat memanen padi organiknya.

Baca Juga:Warga Dusun Cilaku Cimanggung Mengeluh Tidak Ada SinyalSampah di Sungai Dusun Cimuja Cimalaka Kian Mengkhawatirkan

“Mudah-mudahan ke depannya bisa setahun empat kali panennya. Sekarang ada bibitnya di Dinas Pertanian yang bisa panen setahun empat kali. Mari kita coba itu,” tuturnya

Ia pun meminta agar tidak berhenti berinovasi dan berkreasi agar bisa meningkatkan pendapatan dan menjaga ketahanan pangan.

“Ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan. Kita optimistis di Sumedang program ketahanan pangannya akan baik,” ucap Yudia. (red)

0 Komentar