Sekda Apresiasi Peningkatan Literasi melalui Seni Wayang

Sekda Apresiasi Peningkatan Literasi melalui Seni Wayang
Sekda Apresiasi Peningkatan Literasi melalui Seni Wayang
0 Komentar

sumedangekspres – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati, mengaprepresiasi upaya meningkatkan literasi masyarakat melalui media yang lebih kreatif dan atraktif sebagaimana yang dilakukan Adi Sumanjaya Gunaya yang menggunakan wayang sebagai media menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Hal itu ia sampaikan usai menyaksikan penampilan dalang muda Adi Sumanjaya pada acara kunjungan perpustakaan di Gedung Perpustakaan Sumedang, Kamis, (26/9/2024)

“Ini luar biasa. Ternyata ada (cara) untuk meningkatkan literasi dan minat baca dengan happy dan tidak biasa. Ini salah satu inovasi (yakni) dengan dalang wayang dan kecapi,” ujarnya.

Baca Juga:Sumedang Raih "Anindhita Wistara Data" pada Anugerah Hari Statistik Nasional 2024Walikota Eunpyeong-Gu Terkesan Melihat Potensi Wisata Sumedang

Dikatakan Tuti, melalui wayang, bisa disampaikan berbagai pesan, termasuk pentingnya membaca dan memahami sejarah serta budaya lokal.

Ia pun berharap ke depan berbagai inovasi dapat terus dikembangkan. Bukan hanya melalui wayang, tetapi juga inovasi-inovasi lainnya yang dapat menarik minat baca masyarakat.

Sementara itu, Adi Sumanjaya Gunaya, yang juga seorang pegiat literasi menjelaskan bahwa wayang tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga alat edukasi yang efektif.

“Wayang memiliki kekuatan untuk menyampaikan cerita yang sarat makna dan moral. Saya berharap kegiatan ini menginspirasi anak-anak untuk lebih gemar membaca dan menghargai budaya kita,” ujarnya. (red)

0 Komentar