10 Tips Meningkatkan Konsentrasi Anak Secara Efektif

10 Tips Meningkatkan Konsentrasi Anak Secara Efektif
ist/brainfit.co.id
0 Komentar

sumedangekspres – Mencoba permainan untuk melatih konsentrasi anak, meningkatkan kualitas tidur anak, sampai dibiasakan si kecil berolahraga secara teratur adalah cara cara untuk melatih kefokusan anak.

Salah satu enyebab anak kesulitan untuk berkonsentrasi adalah anak menjadi kerasa kesulitan pada waktu mengerjakan ulangan sekolah atau tidak dapat fokus belajar. Banyak cara untuk melatih fokus jadi anda tidak perlu khawatir.

10 Cara Melatih Agar Anak Fokus Yang Dapat Dilakukan

Anak akan menjadi lebih sulit jika susah untuk berkonsentrasi. Tidak hanya itu, apabila kemampun konsentrasi anak buruk, maka kehiduan sehari-harinya akan terdampak.

Baca Juga:7 Manfaat Jamur Salju Yang Baik Bagi Kesehatan9 Manfaat Kluwek Bagi Kesehatan

Berikut beberapa tips meningkatkan konsentrasi anak yang bisa dilakukan mulai dari mencoba game asah sampai berolahraga.

1. MAIN GAME UNTUK MELATIH KONSENTASI ANAK

Sudoku, catur, puzzle, dll adalah cara untuk melatih konsentrasi anak yang rame sehingga menuntut pemainnya untuk mengingat.

Sederet game asah otak ini bisa membantu anak untuk meningkatkan konsentrasinya, dilansir dari Healthline.

Selain melatih konsentrasi anak, bermain game asah otak juga bisa membantu mereka untuk mempertajam daya ingat dan mengasah kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

2. MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR

Kurang tidur ternyata dapat mengganggu fungsi kognitif anak, seperti sulit berkonsentrasi, mengingat, hingga memperhatikan. Maka dari itu, cobalah evaluasi pola tidur anak.

Anak-anak umumnya merasa lelah saat kurang tidur. Kelelahan ini dapat memperlambat refleks tubuhnya dan mengganggu kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebagai solusinya, berikut adalah berbagai cara untuk meningkatkan kualitas tidur anak.

Baca Juga:Warga Tak Puas Dengan Sangsi, Kantor Desa Cikareo Selatan DisegelDurian Low

– Matikan televisi dan hindari penggunaan gawai (gadget) satu jam sebelum tidur
– Atur suhu kamar senyaman mungkin
– Tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan
– Rajin berolahraga, tapi hindari terlalu dekat dengan jam tidur.

3. BEROLAHRAGA DENGAN TERATUR

Berolahraga secara teratur merupakan cara meningkatkan konsentrasi anak yang ampuh.

Sebuah riset dari tahun 2018 mengungkapkan, sekitar 116 anak kelas lima sekolah dasar (SD) mampu meningkatkan konsentrasinya hanya dalam waktu 4 minggu setelah rutin berolahraga.

Ada banyak olahraga ringan yang dapat dilakukan anak-anak, misalnya berlari, melompat, bermain bola, squat, push-up, hingga sit-up.

0 Komentar