Tingkatkan Kualitas Penanganan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Sumedang Gelar Rapat Internal

Tingkatkan Kualitas Penanganan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Sumedang Gelar Rapat Internal
Jajaran Bawaslu Kabupaten Sumedang saat melakukan kegiatan Diskusi Tematik Rapat persiapan Fasilitasi Sentra Gakkumdu dengan tema 'Rambu-rambu tindak Pidana Pemilu' di Kantor Bawaslu Kabupaten Sumedang, baru-baru ini (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Penanganan pelanggaran pemilu sedianya menjadi tugas pengawas pemilu. Kesiapan sarana dan sumber daya manusia menjadi mutlak.

Pengawas pemilu, dalam hal ini Bawaslu pada umumnya menjadi penegak demokrasi melalui penanganan pelanggaran yang timbul pada saat berjalannya tahapan pemilu.

Pelanggaran pemilu secara yuridis menjadi wewenang Bawaslu pada umumnya untuk menindaknya.

Baca Juga:Tidak Semua Obat Sirup BerbahayaPasca Longsor di Cadas Pangeran, Pengendara Diimbau Waspada

Tahapan pemilu akan bergulir. Oleh karena itu, Bawaslu Sumedang secara khusus harus mempersiapkan diri, baik sarana maupun sumber daya manusia yang mumpuni.

Hal itu diungkapkan Dr Iu Rusliana, MSi, Akademisi dan Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung saat menjadi nara sumber di kantor Bawaslu Sumedang dalam kegiatan Diskusi Tematik Rapat persiapan Fasilitasi Sentra Gakkumdu dengan tema ‘Rambu-rambu tindak Pidana Pemilu’ di Kantor Bawaslu Kabupaten Sumedang, Rabu (16/11).

Komisioner Bawaslu Sumedang Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Ade Sunarya, SPd MPd MH mengatakan penanganan pelanggaran pemilu dikristalisasi dalam tiga poin. Yakni penerimaan laporan, klarifikasi dan produk penanganan pelanggaran yaitu putusan ataupun rekomendasi.

Menurutnya, poin klarifikasi tentunya akan menjadi titik penting karena pengawas pemilu akan diuji kesiapannya mengenai teknik klarifikasi. “Tujuannya sendiri menggali keterangan baik itu dari pihak pelapor, terlapor, saksi maupun ahli,” ujar Ade.

Pada akhir diskusi, Ade mengajak para Staf untuk terus meningkatkan kualitas pemahaman terkait dengan penanganan pelanggaran pemilu agar nantinya dapat melaksanakan tugas penegakkan hukum secara maksimal sesuai dengan aturan yang berlaku. (red)

0 Komentar