Makanan Khas Sunda Yang Bikin Ngiler, Wajib Coba!

Makanan Khas Sunda Yang Bikin Ngiler, Wajib Coba!
Makanan Khas Sunda Yang Bikin Ngiler, Wajib Coba! (kemdikbud)
0 Komentar

sumedangekspres – Makanan Khas Sunda Yang Bikin Ngiler, Wajib Coba!

Sunda memang terkenal akan makanan khas nya yang enak dan lezat.

Terdapat banyak makanan yang tentunya bikin selera makan mu meningkat.

Dari sekian banyak makanan khas sunda, berikut beberapa rekomendasi makanan khas sunda yang harus kamu coba! Dijamin ketagihan loh.

1. Sate Maranggi

Makanan pertama yang hadir untuk anda yaitu sate maranggi dari Purwakarta.

Baca Juga:Info Loker Cirebon Terbaru Hari Ini, Segera Apply!Alamat Kampung Toga Sumedang, Tempat Wisata Untuk Menikmati Sunset!

Berbeda dengan sate asal Madura yang menggunakan bumbu kacang, makanan khas Sunda lainnya ini hanya disajikan dengan bumbu kecap saja.

Meskipun demikian, resep Sate Maranggi menawarkan cita rasa gurih yang tak kalah lezat dari menu sate lainnya di daerah lain di Nusantara.

Bahan dasar dari makanan khas Sunda ini adalah daging sapi dan daging kambing serta paling terkenal di daerah Purwakarta dan Cianjur.

Umumnya, Sate Maranggi disajikan bersama sambal tomat, ketan bakar, ataupun makanan khas Sunda lainnya, yakni Nasi Timbel.

2. Peyeum

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Sunda yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bandung berupa singkong yang difermentasi.

Kuliner Sunda unik ini dipercaya telah ada sejak tahun 1800-an dan tercipta karena melimpahnya produksi singkong kala itu sehingga masyarakat Sunda memikirkan cara pengawetan agar singkong bisa bertahan lebih lama.

Dari sanalah kemudian lahir Peuyeum yang hingga saat ini masih bisa ditemukan di Bandung dan sekitarnya.

3. Nasi TO (Tutug Oncom)

Baca Juga:Objek Wisata Kuningan Jawa Barat Terbaru, Lembah Cilengkrang!Tempat Wisata Alam Majalengka, Pecinta Alam Wajib Kesini!

Makanan tradisional Sunda satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan khas suku Sunda paling populer.

Sesuai dengan namanya, Tutug Oncom, makanan khas Sunda ini terbuat dari nasi yang di-’tutug’ atau ditumbuk bersama oncom yang sebelumnya telah digoreng.

Sajian Nasi Tutug Oncom khas Sunda kerap disajikan bersama lauk pauk sederhana khas Sunda seperti tahu dan tempe goreng, ayam goreng, lengkap bersama lalap sayuran segar serta sambal terasi.

4. Karedok

Jika dilihat sekilas, makanan khas daerah Sunda selanjutnya ini menyerupai dengan menu Gado-gado.

Namun, terdapat perbedaan antara Karedok khas Sunda dengan gado-gado dimana sayur-sayuran yang yang digunakan dalam sajian Karedok merupakan sayuran segar yang mentah sedangkan pada menu gado-gado sayuran telah direbus terlebih dahulu.

0 Komentar