Hari Tarwiyah Tanggal Berapa? Ini Penjelasan, Jadwal dan Keutamaan Puasa Tarwiyah & Arafah 2023

Hari Tarwiyah Tanggal Berapa? Ini Penjelasan, Jadwal dan Keutamaan Puasa Tarwiyah & Arafah 2023
Hari Tarwiyah Tanggal Berapa? (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Hari Tarwiyah tanggal berapa? ini penjelasan, jadwal dan keutamaan Puasa Tarwiyah & Arafah 2023.

Puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan contoh ibadah sunnah yang sering dilakukan oleh umat Islam selama bulan Zulhijah.

Dalam hadis dari Ibnu Abbas, Rasulullah mengatakan bahwa Allah SWT sangat mencintai amalan yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Zulhijah.

Baca Juga:Tes Kepribadian Introvert, Ekstrovert, atau Ambivert : Jawab 10 Pertanyaan Ini!5 Rekomendasi Hotel Murah di Karawang Terbaik 2023, Mulai 50 Ribuan

Dalam hadis tersebut, Rasulullah menyatakan, “Tidak ada amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah daripada amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (10 hari pertama Zulhijah).”

Para sahabat bertanya, “Tidak juga jihad di jalan Allah?” Nabi menjawab, “Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali bagi orang yang berangkat berjihad dengan jiwa dan harta, tetapi tidak ada yang kembali dari mereka.”

Dengan pahala yang bahkan dapat melebihi pahala dari jihad di jalan Allah, tentunya kita tidak ingin melewatkan ibadah puasa sunnah ini.

Namun, kapan tepatnya puasa Tarwiyah dan Arafah pada tahun ini?

Untuk menemukan jawabannya, mari kita lihat jadwal puasa Tarwiyah dan Arafah 2023 versi pemerintah, Muhammadiyah, dan NU berikut ini:

Pengertian Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah ibadah puasa sunnah yang dilakukan pada hari Tarwiyah, yang jatuh pada tanggal 8 Zulhijah.

Tanggal ini merupakan sehari sebelum jemaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah.

Ada dua penjelasan mengapa tanggal 8 Zulhijah disebut “hari Tarwiyah”.

Menurut versi pertama, para jemaah haji biasanya membawa persediaan air yang cukup pada tanggal 8 Zulhijah sebagai persiapan untuk wukuf di Padang Arafah.

Baca Juga:Cuman 90 Ribu Aja, Ini 5 Hotel Murah di Bandar Lampung Dengan Lokasi Strategis Dekat Pusat Kota dan Cocok Untuk Liburan Bersama AyangTernyata Jeje Govinda Jarang Dilayani Syahnaz Sadiqah Setelah 5 Tahun Menikah

Dalam bahasa Arab, membawa persediaan air disebut “tarawwa”. Oleh karena itu, tanggal 8 Zulhijah disebut sebagai hari Tarwiyah atau hari membawa persediaan air.

Versi lain menyebutkan bahwa penamaan Tarwiyah didasarkan pada kisah Nabi Ibrahim AS yang berbicara kepada dirinya sendiri di pagi hari tanggal 8 Zulhijah.

Pengertian Puasa Arafah

0 Komentar