Mengapa Pulang Lebih Cepat daripada Pergi? Misteri di Balik Fenomena Return Trip Effect

Mengapa Pulang Lebih Cepat daripada Pergi? Misteri di Balik Fenomena Return Trip Effect
Mengapa Pulang Lebih Cepat daripada Pergi? Misteri di Balik Fenomena Return Trip Effect(doc.pvproductions)
0 Komentar

sumedangekspres – Mengapa Pulang Lebih Cepat daripada Pergi? Misteri di Balik Fenomena Return Trip Effect,  Coba deh kalian ingat dan rasakan pernah gasih perjalanan pulang dari suatu tempat itu lebih cepat daripada waktu pergi?

Kayaknya sih sering banget ya, contohnya kayak dari Jakarta mau liburan ke puncak. Pas jalan menuju puncak rasanya lama banget, tapi pas udah mau balik ke Jakarta, tiba-tiba rasanya cepet banget sampainya.

Nah, sebenernya ada teori sains yang nyoba jelasin tentang fenomena aneh ini. Ada penelitian yang diterbitkan di PLOS ONE yang ngomongin soal “return trip effect”, atau efek perjalanan pulang. Nah, penelitian ini dilakukan sama para peneliti dari Jepang yang cukup penasaran juga sama hal ini.

Baca Juga:Bener Gasih Hubungan Akan Lebih Bahagia Ketika Ga Di Upload di Social Media5 Makanan yang Memicu Efek Penurunan Berat Badan seperti Obat Diet

Mengapa Pulang Lebih Cepat daripada Pergi? Return Trip Effect

Jadi ceritanya, para peneliti itu ngumpulin orang-orang buat nonton video selama 20 menit di dalam sebuah ruangan. Video itu isinya seorang juru kamera yang jalan-jalan di sekitar kota. Terus, mereka diminta buat catet setiap kali mereka ngerasa udah lewat 3 menit.

Di penelitian ini, ada dua kelompok. Kelompok pertama nonton perjalanan juru kamera bolak-balik, dari titik A ke titik B, terus balik lagi dari B ke A. Sedangkan kelompok kedua cuma nonton juru kamera berangkat dari A ke B, terus berangkat lagi dari B ke C.

Hasilnya? Kelompok yang nonton perjalanan bolak-balik itu ngerasa kalo perjalanan baliknya lebih cepet daripada pergi. Tapi yang kelompok lainnya, yang cuma nonton dua perjalanan sekali jalan, gak ngalamin efek aneh ini.

Psikolog juga punya beberapa teori tentang ini. Salah satunya adalah soal fokus kita sama waktu. Misalnya, kalo lagi buru-buru ke kantor karena telat, pasti kita bakal liatin jam terus di jalan, kan? Makanya, rasanya kayak waktu berjalan pelan banget.

Tapi kalo lagi melakukan sesuatu yang kita suka, atau lagi asyik, waktu jadi kayak cepet banget berlalu. Kita gak kepikiran soal jam, tiba-tiba udah sore aja. Jadi, aktivitas yang bikin kita asyik itu kayaknya bikin kita lupa soal waktu.

0 Komentar