Harga Sembako Anjlok! Ini Dia Program Pemerintah yang Bikin HebohKota Cirebon

Harga Sembako Anjlok! Ini Dia Program Pemerintah yang Bikin HebohKota Cirebon
(ilustrasisarah)Harga Sembako Anjlok! Ini Dia Program Pemerintah yang Bikin HebohKota Cirebon
0 Komentar

sumedangekspres – Harga Sembako Anjlok! Ini Dia Program Pemerintah yang Bikin Heboh! Inflasi seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi perekonomian suatu daerah.

Namun, di Kota Udang, yaitu Cirebon, inflasi masih terjaga dengan baik. 

Hingga Mei tahun ini, secara year-on-year, inflasi Kota Cirebon berada di angka 1,97 persen, yang merupakan terendah di Jawa Barat. 

Baca Juga:Terkuak! Penjual Kambing di Pasar Pabuaran Menangis, Idul Adha Tahun Ini Sepi PembeliTerbengkalai! Rumah Sakit Mega Gotong Royong Kini Jadi Bangunan Hantu di Pinggir Laut

Bagaimana bisa Kota Cirebon menjaga inflasi tetap rendah? Salah satu jawabannya adalah melalui pelaksanaan Operasi Pasar Bersubsidi (Opadi).

Artikel ini telah tayang di radarcirebon.id dengan judul Tekan Inflasi melalui Operasi Pasar Bersubsidi.

Harga Sembako Anjlok, Program Pemerintah yang Bikin Heboh

Menjaga Stabilitas Harga dengan Opadi

Pada tanggal 15 Juni lalu, Pj Walikota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, mendampingi Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Mahmudin, untuk meninjau pelaksanaan Opadi di Kelurahan Jagasatru.

Agus Mulyadi menyatakan bahwa secara month-to-month, per Mei 2024, Kota Cirebon mengalami deflasi sebesar 0,33 persen. Hal ini menunjukkan bahwa inflasi di Kota Cirebon masih terjaga dengan baik.

Opadi sendiri diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat dengan tujuan untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah bagi masyarakat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan inflasi, terutama menjelang hari besar seperti Idul Adha.

Paket Sembako Bersubsidi

Dalam Opadi, masyarakat bisa mendapatkan paket sembako dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga:Penonton Syok! Aktor Tampan Dreaming of a Freaking Fairytale Dianggap Masih Cocok Jadi Anak SekolahJadi Kado Spesial, Keluarga Hoshi SEVENTEEN Ucapkan Terimakasih ke CARAT untuk Acara Ulang Tahunnya

Paket ini berisi 5 kg beras premium, 2 kg gula premium kemasan SNI, dan 2 liter minyak premium dengan harga hanya Rp100.000. Normalnya, tiga bahan pokok tersebut dijual seharga Rp145.700. 

Artinya, ada subsidi sebesar Rp45.700 dari pemerintah untuk setiap paket sembako yang dijual.

“Opadi ini membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah.

Biasanya harga naik menjelang Idul Adha, namun dengan adanya Opadi, masyarakat bisa membeli dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Bey Mahmudin. 

Berbagai Upaya Pemerintah Kota Cirebon

Selain Opadi yang digelar oleh Pemprov Jabar, Pemerintah Kota Cirebon juga terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga inflasi tetap rendah.

0 Komentar