Lahan Seluas Lima Hektar di Desa Gendereh Terbakar

PADAMKAN API: Petugas Damkar saat berusaha memadamkan api di lahan alang-alang di Kecamatan Buahdua, Minggu (1
PADAMKAN API: Petugas Damkar saat berusaha memadamkan api di lahan alang-alang di Kecamatan Buahdua, Minggu (18/8/2024) sore. 
0 Komentar

sumedangekspres, BUAHDUA – Lahan seluas kurang lebih lima hektar di Blok Tanjakan Desa Gendereh Kecamatan Buahdua hangus terbakar, Minggu (18/8/2024) sore.

Lahan yang terdiri dari alang-alang tersebut terbakar sekitar pukul 18.00. Pasalnya, Tim Damkar dari UPT Damkar wilayah Conggeang menerima laporan sekitar pukul 18.00.

“Kami menerima laporan sekitar pukul 18.00. Regu 2 UPT Damkar Wilayah Conggeang langsung meluncur ke lokasi,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Kabupaten Sumedang, Cece Ruhiat.

Baca Juga:Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih, 54 Orang Paskibraka Kabupaten Sumedang Kembali ke RumahSinergi PLN UP3 Sumedang dan Polres Sumedang Terangi 103 Rumah di Program "Light Up The Dream"

Dikatakan, pelapor menghubungi kantor UPT Damkar Wilayah Conggeang dan melaporkan telah terjadi kebakaran alang-alang. Pelapor merasa khawatir api lebih menyebar.

“Api dapat dipadamkan oleh Damkar dan masyarakat sekitar pukul 19.00,” katanya.

Cece menyebutkan, asal api diduga berasal dari kuntung rokok yang dibuang sembarangan. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” katanya.

Dia pun mengimbau agar warga tidak membuang puntung rokok sembarangan, apalagi di lahan kering. Warga juga diharapkan apabila membakar lahan harus dijaga agar api tidak melebar ke wilayah lainnya.

Dalam video berdurasi 25 detik yang diterima redaksi, api cukup besar membakar lahan alang-alang. Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dengan menggunakan air hingga padam.

Petugas juga memastikan tidak ada sisa bara api pada lahan yang terbakar. Karena, dikhawatirkan bara api dapat membakar kembali lahan tersebut. (bim)

0 Komentar