Buang Sampah Ke Sungai Cipeles Masih Jadi Kebiasaan

MENUMPUK: Tumpukan sampah yang cukup memprihatinkan di Sungai Cipeles, Blok Padasuka, Kecamatan Sumedang Selat
MENUMPUK: Tumpukan sampah yang cukup memprihatinkan di Sungai Cipeles, Blok Padasuka, Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (19/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Kebiasaan membuang sampah sembarangan ke Sungai Cipeles, tepatnya di Blok Padasuka, Kecamatan Sumedang Selatan, masih sering terjadi. Kebiasaan tersebut diduga berasal dari anggapan bahwa sampah yang dibuang ke sungai akan hanyut terbawa arus air.

Namun, realitasnya, semakin banyak sampah yang dibuang ke sungai justru menghambat aliran air, yang berpotensi menimbulkan banjir dan kerusakan lingkungan. Dani, seorang warga setempat, menyatakan bahwa bukan hanya warga sekitar yang membuang sampah ke sungai, tetapi juga orang-orang yang kebetulan lewat di area tersebut.

“Setiap hari kami berusaha membakar sampah yang ada, tetapi keesokan harinya sudah menumpuk lagi sampah baru. Saya tidak mengatakan bahwa semua warga sini suka membuang sampah sembarangan, tapi memang ada sebagian orang yang melakukannya,” ujarnya kepada Sumeks, Senin (19/8).

Baca Juga:Jalan Rusak di Lingkungan Giri Mukti Tak Kunjung DiperbaikiHUT RI Ke-79, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli Bagikan Kendaraan Operasional 

Kondisi tersebut menimbulkan kekecewaan bagi warga yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Kesadaran terhadap lingkungan sudah berkurang. Banyak yang berpikir bahwa sampah akan hilang terbawa arus, padahal semakin banyak sampah, aliran air justru menjadi tersumbat,” tambahnya.

Meski papan peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan telah dipasang, masih ada oknum yang tidak mengindahkannya. (cr1)

0 Komentar