Launching Gerakan Solidaritas Kemanusiaan Kabupaten Sumedang Tahun 2024 Resmi Digelar

BUKA: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Launching Gerakan Solidaritas Kemanusiaan Kabupaten Sumedang
BUKA: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat membuka Launching Gerakan Solidaritas Kemanusiaan Kabupaten Sumedang Tahun 2024 di PPS, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Gerakan Solidaritas Kemanusiaan Kabupaten Sumedang tahun 2024 resmi diluncurkan dalam acara yang digelar di Pendopo Induk Pusat Pemerintah (IPP) Sumedang, baru-baru ini.

Acara tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli, serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang, Tuti Ruswati, dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang, Agus S. Rasjidi.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Kabupaten Sumedang, Agus S Rasjidi, memaparkan sejarah PMI dan peranannya di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Perlombaan Ketangkasan Pramuka Tingkat Penggalang Digelar di Makodim 0610/SumedangBatal dengan Erwan, PKS Sumedang Siap dengan Calon Siapapun

“PMI didirikan pada tanggal 17 September 1945, sementara PMI Sumedang berdiri pada 9 Oktober 1966,” ujar Agus.

Agus juga menjelaskan beberapa poin penting terkait peran PMI di berbagai situasi.

“Dalam situasi damai, PMI Kabupaten Sumedang aktif dalam penanggulangan bencana, donor darah, pelayanan kesehatan, dan kegiatan kemanusiaan lainnya,” jelasnya.

Ia juga menyoroti Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2003 Bab 4 Pasal 39 yang mengatur sumber pendanaan PMI, termasuk dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), donasi masyarakat yang tidak mengikat, serta sumber dana lain yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sekda Sumedang, Tuti Ruswati, dalam sambutannya juga menekankan pentingnya solidaritas sosial dalam masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat melalui kerjasama dan kesadaran sosial yang telah terbangun,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa PMI berperan penting dalam memberikan bantuan langsung kepada korban bencana serta mendorong masyarakat untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Baca Juga:Sabara Dukung ke Dony di Pilkada: Dukungan Semakin MenguatOrang Tua Siswa SDN Cipareuag Kecewa dengan Sistem Kelas Siang 

Sementaraa itu Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, yang membuka acara ini juga memberikan sambutannya.

“Hari ini kita berkumpul dalam aksi kegiatan sosial dan kemanusiaan, sebagai bukti nyata kepedulian kita terhadap sesama,” ungkapnya.

Setelah ketiga sambutan disampaikan, Yudia Ramli secara simbolis membuka acara dengan memukul kentongan, menandai dimulainya Launching Gerakan Solidaritas Kemanusiaan Kabupaten Sumedang tahun 2024. (cr2)

0 Komentar