Susu Oat adalah Alternatif yang Baik Bagi Anda yang Menjalani Pola Makan Vegan

Susu Oat adalah Alternatif yang Baik Bagi Anda yang Menjalani Pola Makan Vegan
Susu Oat adalah Alternatif yang Baik Bagi Anda yang Menjalani Pola Makan Vegan, Foto: www.halodoc.com
0 Komentar

sumedangekspes – Susu oat adalah alternatif yang baik bagi Anda yang menjalani pola makan vegan atau memiliki alergi terhadap susu sapi. Dengan proses pembuatan yang melibatkan perendaman dan pemblenderan oat, lalu penyaringan, susu ini menawarkan kandungan nutrisi yang cukup melimpah, terutama protein dan mineral. Sebagai salah satu jenis susu nabati, susu oat mampu menyediakan manfaat kesehatan yang setara dengan jenis susu lainnya, menjadikannya pilihan m

Kandungan Nutrisi Susu Oat

Dalam satu gelas (240 mililiter) susu oat terdapat:

– 120 kalori- 16 gram karbohidrat- 2 gram serat- 3 gram protein- 350 miligram kalsium- 269 miligram fosfor- 389 miligram kalium- 1,2 mikrogram vitamin B12

Susu oat juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, tokoferol, dan avenanthramide.*Berbagai Manfaat Susu Oat untuk Kesehatan

Baca Juga:Manfaat Kerang untuk Kesehatan Berasal dari Kandungan Protein TinggiBerikut Beberapa Risiko Kesehatan dari Sering Mengonsumsi Jeroan

1. Alternatif Pengganti Susu Sapi Susu oat adalah pilihan ideal bagi mereka yang vegan atau memiliki alergi susu serta intoleransi laktosa, karena tidak mengandung laktosa.

2. Menjaga Kesehatan Tulang Dengan kandungan kalsium, kalium, dan vitamin B12 yang tinggi, susu oat membantu mempertahankan massa tulang, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan tulang.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Serat larut beta-glukan dalam susu oat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Serat dalam susu oat mendukung pertumbuhan bakteri baik dan mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sembelit.

5. Mengurangi Risiko Kanker Antioksidan dalam susu oat, terutama flavonoid, membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang dapat memicu kanker.

Cara Membuat Susu Oat

1. Campurkan 1 cangkir (80 gram) gandum utuh dengan 3 cangkir (720 mililiter) air dingin, lalu blender selama 30 detik.2. Saring campuran dengan kain kasa untuk memisahkan susu dari ampas gandum.3. Peras cairan yang tersisa melalui kain kasa.

Catatan Penting- Susu oat umumnya bebas gluten, tetapi pilih yang berlabel “bebas gluten” jika Anda memiliki penyakit celiac.- Susu oat aman untuk bayi dan anak-anak, tetapi tidak dapat menggantikan ASI karena kekurangan beberapa nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.(*)

0 Komentar