Desa Rancamulya Prioritaskan Kesehatan dan Ketahanan Pangan

FOKUSKAN: Kasi Pemerintahan Desa Rancamulya Oni Adi Hidayat saat menunjukan lokasi pembangunan Posyandu di RW
FOKUSKAN: Kasi Pemerintahan Desa Rancamulya Oni Adi Hidayat saat menunjukan lokasi pembangunan Posyandu di RW 02 Desa Rancamulya kepada Sumeks, Senin (2/9).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Anggaran Dana Desa (DD) tahap dua tahun 2024 di Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara, difokuskan pada dua program utama, yaitu pembangunan infrastruktur kesehatan dan pemberdayaan ketahanan pangan. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Rancamulya, Oteng Sulaeman, melalui Kasi Pemerintahan Desa, Oni Adi Hidayat, kepada Sumeks, Senin (2/9).

Oni menjelaskan, bahwa alokasi DD tahap dua tahun 2024 untuk bidang infrastruktur kesehatan sebesar Rp 121.810.100 dialokasikan untuk pembangunan Posyandu di RW 02, yang saat ini pengerjaannya sudah mencapai hampir 50 persen.

“Untuk program ketahanan pangan, dengan anggaran sebesar Rp 20 juta, digunakan untuk pembangunan Greenhouse yang berlokasi di RW 01, dan saat ini pengerjaannya telah selesai 100 persen,” ujarnya.

Baca Juga:Resiko Kecelakaan Tinggi, Satpam SMPN 1 Cimanggung Bantu Siswa MenyeberangKemarau, Beberapa Wilayah di Sumedang Terancam Kekeringan

Lebih lanjut, Oni memaparkan bahwa alokasi DD tahap dua untuk bidang pemberdayaan di Desa Rancamulya diterapkan pada berbagai kegiatan seperti insentif guru ngaji dan rembug stunting.

“Selain itu, juga dilakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk tahap 9 kepada 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” tambahnya.

Pihaknya berharap, dengan alokasi DD tahap dua yang difokuskan pada infrastruktur kesehatan dan ketahanan pangan tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun lalu program ketahanan pangan di Dusun Andir sudah berjalan dengan baik, bahkan kelompok tani di sana sudah memiliki kas dari hasil penjualan panen sayuran. Kami berharap, dengan dibangunnya greenhouse melalui DD tahap dua ini, ketahanan pangan di Desa Rancamulya bisa lebih maju lagi, dan perekonomian masyarakat semakin meningkat,” pungkas Oni. (ahm)

0 Komentar