Saluran Air di Lingkungan Panyingkiran Menghitam Akibat Sampah

MEMPRIHATINKAN: Saluran air di lingkungan Panyingkiran yang menghitam akibat tumpukan sampah.
MEMPRIHATINKAN: Saluran air di lingkungan Panyingkiran yang menghitam akibat tumpukan sampah.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Warga di sekitar lingkungan Panyingkiran, Situ, Kecamatan Sumedang Utara mengeluhkan kondisi saluran air yang berada di depan SDN Panyingkiran. Setiap hari, saluran air tersebut dipenuhi sampah yang menumpuk, menyebabkan air menghitam dan menimbulkan bau tidak sedap.

Tumpukan sampah hampir memenuhi seluruh aliran air, menciptakan pemandangan yang kumuh dan jorok. Menurut keterangan salah satu warga setempat Tini, sampah yang mencemari saluran air tersebut tidak berasal dari limbah rumah tangga warga sekitar.

Mereka juga tidak mengetahui asal usul sampah yang menumpuk di saluran air tersebut, namun diduga banyak pengendara yang membuang sampah sembarangan di lokasi itu.

Baca Juga:Warga Dusun Cilaku Cimanggung Mengeluh Tidak Ada SinyalSampah di Sungai Dusun Cimuja Cimalaka Kian Mengkhawatirkan

“Kondisi ini sangat mengganggu karena bau yang sangat menyengat dan air yang semakin menghitam,” ujar Tini kepada Sumeks, baru-baru ini.

Selain menimbulkan bau tak sedap, warga khawatir tumpukan sampah ini akan menyebabkan banjir saat musim hujan tiba. Warga telah berupaya menanggulangi masalah ini dengan melakukan kerja bakti seminggu sekali dan memasang spanduk imbauan agar tidak membuang sampah di saluran air tersebut. Namun, upaya ini belum membuahkan hasil yang signifikan.

“Kami khawatir kalau sampah terus menumpuk, saat musim hujan nanti bisa menyebabkan banjir,” pungkas Tini.

Warga berharap pihak berwenang segera turun tangan untuk menangani masalah ini sebelum kondisi semakin memburuk. (cr2)

0 Komentar