Sampah di Sungai Dusun Cimuja Cimalaka Kian Mengkhawatirkan

PRIHATIN: Tumpukan sampah di sungai Dusun Cimuja Kecamatan Cimalaka yang kian mengkhawatirkan.
PRIHATIN: Tumpukan sampah di sungai Dusun Cimuja Kecamatan Cimalaka yang kian mengkhawatirkan.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Pembuangan sampah sembarangan ke sungai di Dusun Cimuja, Kecamatan Cimalaka, menjadi permasalahan serius yang dikeluhkan oleh warga setempat. Kebiasaan buruk tersebut, yang dianggap sebagai solusi mudah oleh sebagian masyarakat, justru menimbulkan masalah lingkungan yang semakin parah.

Banyak warga yang beranggapan bahwa sampah yang dibuang ke sungai akan hanyut terbawa arus. Namun, semakin banyak sampah yang dibuang ke sungai, justru menyebabkan aliran air terhambat, yang dapat memicu banjir saat musim hujan.

Odih, salah satu warga setempat, menyatakan bahwa tidak hanya warga sekitar yang membuang sampah ke sungai, tetapi juga orang-orang yang sekadar melintas di area tersebut.

Baca Juga:Sumedang Kategori Rawan Gempa: Siswa SD Dilatih Migitasi BencanaPerumda Tirta Medal Salurkan Air Bersih Gratis di Dusun Parumasan

“Medan sungai yang cukup dalam dan tebing yang tinggi membuat kami kesulitan untuk membersihkan sampah yang terus bertambah setiap hari. Jika memungkinkan, kami berusaha membakarnya setiap hari,” ujar Odih kepada Sumeks, baru-baru ini.

Tidak heran jika tumpukan sampah yang semakin banyak membuat warga sekitar merasa kesal, terutama karena ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kesadaran terhadap lingkungan memang sudah berkurang. Banyak yang berpikir bahwa sampah akan hilang karena hanyut terbawa arus air, padahal semakin banyak justru membuat aliran air tersumbat,” tambah Odih.

Meski warga setempat telah memasang papan peringatan agar tidak membuang sampah sembarangan, masih saja ada yang melanggar, menunjukkan minimnya kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat. (cr1)

0 Komentar