ANC Tingkatkan Kesehatan Ibu Hamil di Cimanggung

TINGKATKAN: Kepala Desa Sindanggalih, Eddy Setiawan saat memberikan makanan tambahan bergizi ke salah satu war
TINGKATKAN: Kepala Desa Sindanggalih, Eddy Setiawan saat memberikan makanan tambahan bergizi ke salah satu warganya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Pemerintah Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesehatan ibu hamil melalui program Gerakan Antenatal Care (ANC). Acara dihadiri oleh 56 ibu hamil dari total sasaran 70 orang, dengan dipimpin langsung Kepala Desa Sindanggalih, Eddy Setiawan, di aula desa, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut juga melibatkan tim medis desa dan bidan setempat, Bidan Vina Muharyani. Program tersebut bertujuan untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Pemeriksaan rutin seperti pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, laboratorium, kesehatan gigi, serta pemeriksaan USG dan imunisasi dilakukan untuk mencegah penyakit pada ibu dan janin.

Baca Juga:Pemilih Pemula di Sumedang Harus Tingkatkan Partisipasi PilkadaBadan Ad Hoc Kesbangpol Sumedang Difasilitasi Asuransi

Selain pemeriksaan, pemerintah desa juga menyediakan makanan tambahan bergizi seperti telur, guna memastikan asupan nutrisi ibu hamil terpenuhi demi pertumbuhan janin yang optimal. Kepala Desa Sindanggalih, Eddy Setiawan, menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan setiap enam bulan sebagai bentuk komitmen desa dalam menjaga kesehatan ibu hamil.

Sementara itu, Bidan Vina Muharyani menekankan pentingnya kesadaran ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama kehamilan guna meminimalisir risiko kesehatan bagi ibu dan bayi. Ia juga berharap partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung kesuksesan program tersebut.

UPTD Puskesmas Cimanggung turut berperan dengan menyediakan layanan kesehatan keliling yang bekerja sama dengan bidan desa. Dengan program tersebut, diharapkan angka kematian ibu dan bayi dapat ditekan, serta kesejahteraan keluarga di Desa Sindanggalih terus meningkat. (kos)

0 Komentar