Green Belt Diharapkan Dongkrak Perekonomian Penyangga

Konsep Green Belt Harus Sesuai SDM
Konsep Green Belt Harus Sesuai SDM (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Warga nantikan pengelolaan green belt areal besisir Waduk Jatigede.

Areal tersebut diyakini masyarakat bisa meminimalisir pemanasan suhu. Selama ini suhu udara disekitar waduk meningkat, hal itu disebabkan banyaknya wilayah hutan yang ditenggelamkan Waduk Jatigede.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, Suharyana menyebutkan, seyogyanya pemerintah mengembalikan suhu udara seperti sebelum adanya waduk. Minimal mengurangi suhu udara yang panas di sekitar waduk.

Baca Juga:Polres Sumedang Amankan Kegiatan Konstatering Lahan Tol CisumdawuNakes Sampaikan Aspirasi Saat Reses

“Saya berharap, ada program untuk pemanfaatan green belt secepat mungkin. Agar, suhu udara di sekitar waduk tidak terlalu panas,” katanya kepada Sumeks, baru-baru ini.

Lanjutnya, untuk memanfaatkan areal tersebut, harus ada upaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

Dia mencontohkan, pembuatan perkebunan buah di wilayah green belt bisa melalui kelompok tani atau lembaga yang ada di wilayah tersebut.

“Cocoknya di sekitar waduk itu ada perkebunan buah, jadi pengelolanya dari masyarakat sekitar,” kata dia.

Suharyana menilai, dengan menghijaukan areal tersebut dengan tanaman buah, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Selain bisa menurunkan suhu udara, masyarakat juga bisa berpenghasilan dari buah yang ditanam. Perkebunan buah bisa menjadi daya tarik untuk para wisatawan.

“Perkebunan buah bisa memberikan beberapa manfaat, dari mulai pemulihan ekonomi warga di sekitar penyangga waduk, sampai pariwisata,” jelasnya.

Warga lainnya, Jana berharap, pengelolaan green belt atau sabuk hijau itu sendiri harus benar-benar punya manfaat bagi warga disekitar wilayah penyangga. Terutama, pada bidang perekonomiannya.

Baca Juga:Pameran UMKM, Tanjungkerta Tampilkan Rangginang Dungkuk dan BulatHUT RI Jatinangor Diwarnai Lomba, Polsek Dukung Kegiatan Positif

“Kalau saya, untuk pemanfaatan green belt itu sendiri, mau konsepnya seperti apapun, saya berharap ada celah untuk lapangan pekerjaan didalamnya,” katanya.

Dia mengaku, untuk pengelolaan areal tersebut diharapkan konsepnya bisa menyesuaikan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), yang ada di sekitar waduk.

Menurutnya, areal green belt itu sendiri tersebar di beberapa wilayah desa dan kecamatan. Dengan demikian, pola pikir dan kemampuan masyarakatnya tentu akan berbeda juga. Hal itu harus melalui kajian dan menyerap aspirasi dari masyarakat sekitar.

0 Komentar