Pengobatan Penyakit Asam Lambung, Dilakukan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengobatan Alami Asam Lambung Dilakukan Dalam Kegiatan Sehari-hari
Pengobatan Alami Asam Lambung Dilakukan Dalam Kegiatan Sehari-hari
0 Komentar

sumedangekspres – Pengobatan Penyakit Asam Lambung, Dilakukan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengobatan penyakit asam lambung (GERD) bertujuan untuk mengurangi gejala, mencegah komplikasi, dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Pengobatan dapat melibatkan kombinasi perubahan gaya hidup, obat-obatan, dan dalam kasus yang parah, tindakan bedah.

1. Penanganan Mandiri: Untuk mengatasi dan mengurangi asam lambung (GERD), dokter mungkin merekomendasikan individu yang mengalami kondisi ini untuk mengadopsi perubahan gaya hidup tertentu, seperti:

   – Makanan Sehat: Hindari makanan yang memicu gejala GERD, seperti makanan pedas, asam, berlemak, dan berkarbonasi.   – Mengatur Pola Makan: Makan dalam porsi kecil dan hindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur serta hindari tidur setelah makan.   – Menjaga Berat Badan Ideal: Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada perut dan risiko refluks.   – Berhenti Merokok dan Mengonsumsi Alkohol: Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat memperburuk gejala GERD, sehingga sebaiknya dihindari.   – Meninggikan Kepala Saat Tidur: Meninggikan posisi kepala tempat tidur dapat membantu mencegah refluks saat tidur.

Baca Juga:Faktor Resiko Gejala Penyakit Asam Lambung, Jagalah Kesehatan Anda!Gejala dan Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari!

2. Konsumsi Obat-Obatan: Apabila perubahan gaya hidup tidak memberikan hasil yang diharapkan dalam beberapa minggu, dokter mungkin akan mempertimbangkan untuk meresepkan obat-obatan tertentu.

   – Antasida: Obat-obatan ini membantu meredakan gejala GERD dengan mengurangi asam lambung dalam waktu singkat.   – Obat Penghambat Asam H2 (H2 Blockers): Obat ini mengurangi produksi asam lambung pada saluran pencernaan dan dapat membantu meredakan gejala GERD.   – Obat Penghambat Pompa Proton (PPI): Obat ini mengurangi produksi asam lambung di sistem pencernaan dengan lebih efektif dan sering diresepkan untuk kasus GERD yang lebih parah.(*)

0 Komentar