Kekeringan di Kuningan, Padi Dipanen Paksa di Desa Singkup

Kekeringan
Kekeringan
0 Komentar

sumedangekspres – Sawah di Desa Singkup, Kecamatan Japaran, Kabupaten KUNINGAN mengalami kekeringan.Setidaknya ada 8 hektar area persawahan di desa Singkup yang mengalami kekeringan.Akibatnya petani melakukan panen paksa. Daripada tidak samasekali.

Dijelaskan oleh Kepala Desa Singkup, Mas’ud, bahwa petani di desanya terpaksa memanen sawah lebih cepat dari waktu yang seharusny“Tapi daripada enggak panen sama sekali, karena kondisi padi yang sudah mati sebelum waktu panen,” imbuhnya.

Dia menambahkan, bahwa area persawahan yang kekeringan memang kesulitan mendapatkan pasokan air terutama ketika kemarau.

Baca Juga:Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Puncak Gunung CiremaiRekomendasi Lomba untuk Tujuh Belasan

Sehingga, padi harus dipanen lebih dini meski masa panen harusnya masih 2 minggu sampai satu bulan ke depan.

Padahal, kondisi tanaman padi baru beberapa butir saja yang sudah berisi. Kebanyakan, tanaman padi yang ada di sawah itu sudah mulai mengering serta kondisi tanah yang retak”Normalnya ini masih antara satu bulan sampai 2 Minggu lagi, tampak bersama dilihat, ini padi belum ada isi, baru beberapa butir saja yang diatas, kalau kata orang Sunda mh, belum nunduk nunduk Acan,” katanya.

“Ya terpaksa dipanen ini mah, terpaksa, daripada engga dipanen sama sekali. Namanya juga petani, kalau lihat padi ga dipanen, ada rasa (kata orang dulu) kasihan padinya,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di radar crebon dengan judul Kekeringan di Kuningan, Padi Dipanen Paksa di Desa Singkup

0 Komentar