Ternyata Ini Makanan Khas Dari Provinsi Riau Yang Berbahan Dasar Udang

Ternyata Ini Makanan Khas Dari Provinsi Riau Yang Berbahan Dasar Udang
Ternyata Ini Makanan Khas Dari Provinsi Riau Yang Berbahan Dasar Udang (sumber foto : gudangilmuku.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Ternyata Ini Makanan Khas Dari Provinsi Riau Yang Berbahan Dasar Udang.

Riau merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pantai timur pulau Sumatra dan berbatasan dengan Selat Malaka.

Pada masa sebelumnya, wilayah provinsi ini juga meliputi Kepulauan Riau yang terdiri dari sekelompok besar pulau-pulau kecil seperti Pulau Batam dan Pulau Bintan, yang terletak di sebelah timur Sumatra dan selatan Singapura. Pada bulan Juli tahun 2004, Kepulauan Riau dimekarkan menjadi provinsi tersendiri.

Baca Juga:Rancamulya Prioritaskan Ketahanan PanganKotakaler Lestarikan Nilai Gotong Royong

Cincalok, ya makanan khas provinsi riau ini bernama cincalok. Cincalok merupakan makanan khas Riau yang terbuat dari fermentasi udang kecil, biasanya udang dari genus Acutes. Udang dicuci dengan air laut, kemudian dicampur garam dan dibiarkan dalam wadah tembikar tertutup selama lebih kurang 20 30 hari. Setelah itu, cincalok siap diolah.

Cincalok biasanya dimasak sebagai campuran pada sambal atau ikan asin oleh masyarakat Riau. Aroma cincalok sangat khas dan nikmat, tidak ada fermentasi udang lain di luar Riau yang memiliki cita rasa serupa. Jika berkesempatan berkunjung ke sana, jangan lupa mencicipi cincalok yang disajikan bersama sambal, ikan asin, dan nasi hangat.

Selain itu provinsi Riau juga memiliki makanan khas yang bernama Sup Tunjang, berikut pengertiannya.

Sup tunjang merupakan hidangan khas dari Riau yang terbuat dari daging dan tulang kaki sapi. Sup ini memiliki rasa yang gurih, lezat, dan kaya akan bumbu. Masyarakat Riau biasanya menyantap sup tunjang ini pada musim penghujan, dan menikmatinya bersama keluarga karena dapat membantu menghangatkan tubuh.

Bahan dasar dari sup tunjang adalah tulang kaki sapi dan kuah yang memiliki rasa khas. Selain tulang kaki sapi, daging yang berada di sekitar tulang juga dimasak dalam sup ini. Daging tersebut sangat lembut karena telah direndam dan direbus dengan rempah rempah.

Ketika disajikan, tulang kaki sapi dan daging tersebut disiram dengan kuah kaldu yang hangat dan kaya rempah. Kemudian, kentang, wortel, tomat yang diiris, daun bawang, dan bawang goreng ditambahkan ke dalam sup. Rasanya sangat lezat dan mantap. Selain itu, kamu juga dapat menikmati sumsum tulang kaki sapi dengan menggunakan sedotan.

0 Komentar