oleh

Camat: Pemdes Harus Data Pemudik dengan Teliti

SUMEDNGEKSPRRS.COM – Camat Darmaraja Drs Agus Sujatmiko MSi mengintruksikan pemerintah desa mendata setiap pemudik yang masuk. Sebelum diberlakukannya larangan mudik pada 6 mei 2021, pemerintah desa harus mengantisipasi adanya warga yang mudik dari luar daerah sebelum tanggal 6 Mei.

Oleh sebab itu, pemerintah desa ditekankan agar bisa mendapatkan data warganya yang baru mudik. Hal itu tentu saja untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid 19.

“Sebagaimana yang diintruksikan pemerintah pusat tentang larangan mudik dengan tujuan menekan laju penyebaran covid 19, maka kita selaku pemerintah di tingkat desa dan kecamatan juga harus membantu menyukseskannya,” kata Camat kepada Sumeks, belum lama ini

Dikatakan, upaya pendataan harus disertai tindakan pemeriksaan pihak medis untuk meyakinkan kesehatan warga yang mudik.

“Selain identitas pemudik, rencananya akan dilakukan tes kesehatan juga,” katanya.

Selain itu, pihak Kecamatan Darmaraja juga mengintruksikan pemerintah desa agar pengurus masjid memberikan himbauan kepada masyarakat setiap setelah adzan menggunakan pengeras suara. Dan, bagi siapa saja yang baru mudik harus melaporkan diri ke RT setempat untuk didata.

“Pemdes juga diminta intruksikan pengurus masjid untuk menghimbau warga dengan pengeras suara setiap setelah adzan 5 waktu,” katanya.

Camat mengatakan, untuk pemudik yang sudah terdata harus diawasi secara intens. Sebab, para pemudik diwajibkan isolasi mandiri selama 5 hari. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *